Minggu, 13 Juni 2010

Computer Mediated Communication (CMC)

Makalah Mengenai ”Computer Mediated Communication”


PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Penulisan makalah ini guna memenuhi tugas terstruktur yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah Teknologi Komunikasi. Pada makalah ini penulis akan membahas mengenai CMC (Computer Mediated Communication) yaitu yang meliputi pengertian CMC, contoh CMC, penggunaan dan aplikasi dari CMC dan mengaitkannya dengan teori CMC.
Dewasa ini perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sangat pesat terutama dalam dunia internet. Semua informasi dapat diakses melalui internet, dimana di dalamnya terdapat CMC. CMC yang merupakan singkatan dari Computer Mediated Communication ialah suatu transaksi komunikasi yang terjadi melalui penggunaan dua atau lebih komputer jaringan internet. Pada CMC terdapat format yang diterapkan pada bentuk-bentuk dari interaksi berbasis teks seperti pesan teks.


B. Perumusan Masalah

A. Apa itu CMC (Computer Mediated Communication)?
B. Contoh dari bentuk CMC, aplikasi, dan penggunaannya?
C. Kaitan aplikasi-aplikasi pada CMC dengan teori CMC?




PEMBAHASAN

A. Apa itu Computer Mediated Communication?
Computer-mediated communication (CMC) ialah suatu transaksi komunikasi yang terjadi melalui penggunaan dua atau lebih komputer jaringan. Istilah tersebut secara tradisional disebut komunikasi yang terjadi melalui-dimediasi format computer, misalnya, pesan instan , e-mail , chat room. Format tersebut diterapkan pada bentuk-bentuk lain dari interaksi berbasis teks seperti pesan teks. Penelitian CMC berfokus pada dampak sosial yang berbeda yang didukung teknologi komunikasi-komputer. Banyak studi yang melibatkan internet berbasis jaringan sosial yang didukung oleh perangkat lunak sosial.
Mediation ini mengacu pada proses pertukaran pesan dimana pesan disampaikan melalui perantaraan media bentuk teknologi dari teknologi paling sederhana hingga teknologi canggih seperti computer internet. Dalam perkembangannya komunikasi melalui media komputer terjadi peleburan antara komunikasi Mediation (perantara) dan Immediate (langsung).
Computer Mediated Communication (CMC) mempelajari bagaimana perilaku manusia dibentuk melalui pertukaran informasi menggunakan media komputer khususnya komputer internet. Internet sebagai sebuah jaringan komputer yang memungkinkan adanya transfer data atau informasi melalui bentuk protocol transmisi menurut sistem pengalamatan global.
 Internet memiliki 3 komponen, yaitu :
1) Internet memiliki jaringan yang terkoneksi satu sama lain melalui sistem pengalamatan global.
2) Internet menggunakan sebuah bentuk tersendiri dari protocol transmisi.
3) Internet memungkinkan adanya transmisi publik dan privat.
 Menurut Sheizaf Rafaeli, Karakteristik Komunikasi Online yang membedakan dengan komunikasi lain :
1) Paket Switching
2) Multimedia
3) Interaktif
4) Synchronitas
5) Hypertextual (Html)
 Perspektif CMC menurut Joseph Walther :
1) Impersonal
Teori ini menyatakan bahwa masing-masing media memunculkan perbedaan derajat penerimaan substansi pesan dalam sebuah interaksi. Derajat penerimaan ditentukan oleh jumlah petunjuk informasi nonverbal yang tersedia melalui media. Teori yang mendukung perspektif ini ialah Social Presence Theory (Short, Williams, dan Christie, 1976).
Social presence (kehadiran social) adalah derajat dimana kita sebagai seorang individu memandang orang lain sebagai pribadi individu dan interaksi diantara keduanya sebagai hubungan timbal balik.
2) Interpersonal
Penanda konteks sosial berperan selaku indicator dari perilaku yang bisa diterima secara sosial, yang berasumsi bahwa terdapat aturan yang mengontrol pelaku komunikasi, baik disadari atau tidak mengarahkan informasi yang pantas disampaikan dan pada siapa informasi disampaikan atau dalam berkomunikasi kita menyesuaikan dengan faktor sekeliling kita.
Perspektif ini mengacu adanya inovasi metode menyampaikan konten emosi dalam pesan mereka dengan menggunakan emoticon. Ada 4 bentuk emoticon yaitu bentuk verbal, deskripsi aktifitas fisik, stress atau penekanan, dan smiles.
3) Hyperpersonal
Komunikasi Hyperpersonal terjadi ketika individu menemukan bahwa mereka lebih baik dapat mengekspresikan dirimereka sendiri pada lingkungan mediation dimana mereka berhadap-hadapan secara langsung dalam berinteraksi.
Komunikasi hyperpersonal didasarkan pada 4 faktor :
a) Faktor sumber => memiliki kontrol yang besar terhadap dirinya sendiri.
b) Penerimanya => penerima dapat langsung menerima feedback yang tergantung pada pesan yang disampaikan.
c) Channel => tidak sinkron
d) Feedback => timbal balik yang berlangsung secara kontinu atau terus menerus dalam waktu yang lama.

B. Contoh dari Bentuk CMC, Aplikasi, dan Penggunaannya?
Berbagai macam bentuk dari CMC seperti, Friendster, Facebook, Twitter, E-mail, mIRC, Mailing List, Yahoo-Mail, YouTube, dan lain-lain. Berikut ini akan dibahas hanya satu bentuk dari CMC, aplikasi yang ada di dalamnya, serta penggunaannya.
Facebook


Facebook pertama kali ditemukan pada 4 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa universitas Harvard. Pada saat itu Facebook sebagai suatu platform jaringan sosial bagi remaja yang digunakan untuk komunikasi antar mahasiswa di perguruan tinggi. Pada awalnya Facebook yang bernama thefacebook dengan situs www.thefacebook, kini berubah dengan situs www.facebook.com.
Facebook ialah suatu situs jaringan sosial pertemanan yang terdapat dalam jaringan internet. Melalui Facebook kita dapat menjalin hubungan pertemanan dengan teman-teman kita maupun orang-orang dari daerah lain yang belum dikenal sekalipun. Situs pertemanan ini juga dapat membantu kita menemukan orang-orang atau teman-teman kita yang mungkin selama ini kita kehilangan jejaknya karena lama tidak bertemu, tidak ada kabar beritanya. Dengan Facebook, kita dapat mencarinya asalkan orang yang kita cari tersebut juga telah terdaftar sebagai pengguna Facebook.
Pada facebook terdapat banyak fitur, aplikasi, serta multimedia yang dapat digunakan oleh penggunanya, seperti wall (dinding), profile, koleksi foto, video, catatan, tautan. Pada kotak surat terdapat inbox, outbox, dan ada media untuk chatting juga dimana pengguna dapat melakukan interaksi atau komunikasi jarak jauh, namun media chatting ini hanya dapat digunakan untuk pengguna yang sedang sama-sama online.
Berikut contoh membuat aplikasi pada facebook, ada beberapa cara dalam membuat aplikasi facebook. Cara membuat aplikasi facebook ada 2 versi yaitu yang pertama lewat Developers Facebook dan yang kedua lewat Aplikasi facebook yang namanya Application Builder. Cara membuat aplikasi facebook cukup susah, namun butuh kesabaran dan ketelitian dalam membuat aplikasi facebook.
Berikut penjelasan cara membuat aplikasi facebook melalui aplikasi Application Builder.
 Cara Instal Aplikasi Application Builder :
1. Buka facebook anda.
2. Klik link berikut ini : http://apps.facebook.com/applicationbuilder/
3. Klik Izinkan.
 Cara Membuat Aplikasi facebook :
1. Setelah aplikasi Application Builder sudah terinstal. klik tombol Create New Facebook Application.
2. Akan tampil 4 pilihan jenis aplikasi facebook untuk anda.
a) Gift Application
b) Quiz Type Application
c) Compare Application
d) Profile Type Application
3. Tentukan jenis aplikasi facebook dengan memilih salah satu jenis aplikasi seperti diatas ! Lalu ekspresikan aplikasi facebook anda.
 Beberapa aplikasi yang mungkin cukup berguna :
• Birthday Calender, mungkin karena sibuk kita bisa melupakan hari ulang tahun orang-orang yang kita kasihi atau teman dekat dan baik. Coba gunakan aplikasi ini, dengan aplikasi facebook ini kita dapat :
- Melihat tanggal lahir teman-teman Facebook dalam format kalender, menambah tanggal lahir teman-teman yang bukan merupakan teman di Facebook (seperti misal ayah, ibu, Aa, Teteh, Yayang dll)
- Melihat siapa orang-orang yang sebentar lagi akan ulang tahun.
- Bahkan mengirim kartu ucapan electronic melalui fcard dan group fcard yang memiliki 1700-an pilihan.
- Mengatur agar notifikasi dikirim melalui email.
- Menambahkan Hari Libur atau tanggal merah.
• FotoFlexer, aplikasi ini berguna sebagai editor gambar yang mudah dikelola dan gratis tentunya. Foto-foto yang sudah kita upload di Facebook dapat kita edit dengan aplikasi, seperti :
- Resize ukuran foto dan font.
- Menambah speech bubble atau thought bubble (teks seperti pada komik)
- Crop gambar, rotasi, menggambar , memperbaiki warna, meningkatkan exposure, memperbaiki red eye.
- Mengubah warna kulit, memperbesar otot badan di foto, melangsingkan pinggang.
- Membuat foto menjadi kartun.
- Bermain dengan efek-efek lain seperti blueprint, bronze,sephia, grey,color invert, color rotate.
- Membuat kartu ucapan special dengan foto.
- FotoFlexer juga terintegrasi dengan Photobucket, MySpace, Picasa,Flickr, Phanfare, Smugsmug dan Yahoo! Seach.
- Capture via Webcam dan langsung lakukan edit.
• iLike, bagi penggemar musik, apliasi iLike ini mungkin perlu dicoba pada Facebook. Aplikasi ini memiliki fungsi :
- Menambahkan musik, video dan playlist ke dalam profil Facebook.
- Memberikan lagu-lagu untuk teman-teman.
- Bagi artis dan musisi, aplikasi ini memungkin untuk membuat halaman sendiri, meng-upload musik dan aktivitas yang akan dilakukan seperti jadwal manggung, dan mendapatkan statistik secara detail dari penggemarnya.
- Download MP3 dan bermain bersama-sama teman di Music Chalenge.
- Saat memulai aplikasi ini, user diminta untuk memilih artis yang tersedia dan tentukan lagu yang disukai. Pilihan akan tersusun didalam playlist dan langsung dapat diputar secara online berikut tampilan video Youtube. Namun tidak semua lagu disediakan full, bahkan hanya 30 detik, hal ini sehubungan dengan lisensi dll.
• Ayos iShare, aplikasi penyimpan online ini menyediakan kapasitas sampai 2Gb. File musik MP3 dan Video dapat diletakkan di Ayos iShare hanya persyaratannya satu file tidak melebihi 100Mb. File-file yang kita simpan dapat dibagi-bagikan kepada teman-teman dan juga file musik MP3 dapat secara langsung kita dengar dari browser dan membuat link-link publik ke file anda.
• Countdown, bila pengguna memiliki jadwal yang padat dan janji-janji yang harus di catat, sedangkan anda sering menggunakan Facebook, gunakan aplikasi ini. Dengan memasukkan tanggal-tanggal penting tersebut, Countdown dapat menampilkan hitungan mundur waktu tersebut pada halaman profil anda dan tidak ada batasan jumlah jadwal.
• Who Has The biggest Brain, aplikasi ini seperti permainan, tapi jangan dikira tidak bermanfaat, aplikasi ini bermanfaat untuk test IQ. Jika berminat tau seberapa besar ukuran otak anda, kita harus menyelesaikan empat kategori test yang berbeda- analisis, kalkulasi, memory dan pemrosesan visual. Diakhir test akan diberi ranking dan kemudian anda dapat membandingkan dengan ranking teman-teman anda di Facebook (teman juga harus main). Selain dapat bermain sendiri, pengguna dapat menantang teman via menu challenge atau undang teman untuk ikutan permainan asah otak ini lewat menu invite.
• Chatting room, aplikasi ini dapat digunakan untuk melakukan interaksi atau mengobrol dengan teman yang sama-sama sedang aktif atau online. Pada aplikasi ini kita sebagai pengguna dapat menggunakan berbagai bentuk emoticon. Emoticon dapat menggambarkan keadaan seseorang, seperti smile ( )yang menandakan bahagia atau senang, cemberut (  ), menangis, dan lain-lain.
Pada hal ini penulis (saya) memilih facebook sebagai media untuk berkomunikasi dengan teman-teman yang jauh dan orang lain. Media pada facebook yang sering saya gunakan ialah obrolan karena melalui itu daya dapat berinteraksi dengan teman-teman dengan menulis pesan teks atau biasa disebut dengan chatting. Obrolan ini hanya saya dan teman-teman yang online atau diajak chatting yang dapat membaca pesannya, sehingga tidak dapat dibaca oleh publik. Itulah alasan mengapa saya memilih media chatting atau obrolan pada facebook.
Berikut contoh obrolan atau chatting pada facebook saya, ketika saya mengobrol dengan teman saya :
Sonny Dwi

Hapus Riwayat Obrolan
12:14Sonny
Low um..
12:14Saya
low jg
12:19Sonny
Ku lg iztirahat..
La km diri?
12:20Saya
lg mo ngirm yg
lg mo ngirim tgs
12:21Sonny
Ow... Dah mkn ziang blm,..
12:28Saya
blm
12:35Sonny
Mkn dulu ntr zkt..
12:38Sonny
sonn_y2p@yahoo.co.id Sedang kirim gambar
#file sent by sonn_y2p@yahoo.co.id; follow link to see it: http://www.ebuddy.com/landing/?from=sonn_y2p&e=jpg&f=15184013&k=DyLlEaNT
Ki tak kei kopi..
12:46Saya
kopi opo son?


C. Kaitannya Aplikasi-aplikasi pada CMC dengan Teori CMC?
Menurut A.F. Wood dan M.J. Smith, Computer Mediated Communication adalah segala bentuk komunikasi antar individu, individu dengan kelompok, yang saling berinteraksi melalui computer dalam suatu jaringan internet. Pada media komputer terjadi peleburan antara komunikasi Mediation (perantara) dan Immediate (langsung). Pada bentuk-bentuk CMC terdapat keterkaitan dengan teori CMC.
• Facebook, Friendster, Twitter yang merupakan suatu situs jaringan sosial berkaitan dengan system pengalamatan global pada internet yang memiliki 3 komponen yaitu jaringan yang terkoneksi satu sama lain, sebuah bentuk tersendiri dari protocol transmisi, dan adanya transmisi publik dan privat. Transmisi ini memungkinkan untuk menghubungkan jaringan satu dengan lainnya hingga membentuk suatu situs jaringan sosial dimana memungkinkan untuk menghubungkan komunikasi individu di tempat yang berbeda.
• Pada media chatting facebook, miRC, dll memudahkan penggunanya untuk berinteraksi dengan teman atau orang lain. Mereka juga dapat menggunakan emoticon yang dapat menandakan keadaan kita. Ada 4 bentuk emoticon :
1. Bentuk Verbal, misal: emoticon smile  yang mengartikan atau menandakan senang, bahagia, gembira. Emoticon murung  menandakan sedih, murung, emoticon menangis, dan lain-lain.
2. Deskripsi aktifitas fisik
3. Stress atau penekanan, biasanya ini digunakan pada penggunaan tanda baca.
4. Smiles, yang merupakan penataan karakter pada keyboard.
• Pada media chatting atau status pada situs jaringan sosial terdapat perspektif impersonal, dimana kita memiliki kecenderungan menggunakan petunjuk-petunjuk nonverbal untuk menunjukkan ketertarikan kita pada lawan bicara maupun sebaliknya. Hal ini memungkinkan terjadinya feedback, seperti pada saat melakukan chatting, kita bisa sedikit menetahui sifat orang dari bahasa atau kata-katanya, melalui penggunaan stress dan emoticon. Misal jika dari kata-kata dan penggunaan emoticonnya bagus, mungkin kita bisa tertarik untuk mengajak ngobrol atau memberi komentar pada statusnya tersebut.




PENUTUP

A. Kesimpulan
Computer-mediated communication (CMC) ialah suatu transaksi komunikasi yang terjadi melalui penggunaan dua atau lebih komputer jaringan. Istilah tersebut secara tradisional disebut komunikasi yang terjadi melalui-dimediasi format computer, misalnya, pesan instan , e-mail , chat room. Format tersebut diterapkan pada bentuk-bentuk lain dari interaksi berbasis teks seperti pesan teks. Penelitian CMC berfokus pada dampak sosial yang berbeda yang didukung teknologi komunikasi-komputer. Banyak studi yang melibatkan internet berbasis jaringan sosial yang didukung oleh perangkat lunak sosial.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat memungkinkan munculnya media-media pada komputer internet yang dapat digunakan untuk menjalin interaksi dengan orang lain dalam jarak jauh sekalipun, seperti pada friendster, facebook, twiteer, mIRC, yahoo mail, dan lain sebagainya. Kita dapat menggunakan media-media tersebut sesuai kebutuhan dan kepentingan, bahkan kita juga dapat memanfaatkan fitur-fitur dan aplikasi yang disediakan oleh media tersebut sesuai dengan keinginan. Semua media dan fitur dalam CMC atau komputer internet memiliki kaitan erat dengan teori-teori CMC dan menurut pendapat beberapa ahli
Hadirnya CMC atau komputer internet ditengah-tengah masyarakat dapat menimbulkan pengetahuan baru bagi pecinta teknologi terlebih anak-anak sekolah, mahasiswa, hingga orang dewasa. Internet dapat mempengaruhi pola pikir dan perilaku penggunanya dan dapat menimbulkan berbagai dampak bagi penggunanya, baik dampak positif maupun dampak negatif. Para pengguna komputer internet memiliki cara pandang bagaimana menggunakan berbagai media dan fitur yang ada secara benar dan bijak agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi dirinya sendiri maupun orang lain. Hal ini untuk pencegahan karena ada juga pihak-pihak tertentu yang menyalahgunakan internet.

B. Saran
Penggunaan berbagai situs jaringan pertemanan dan fitur dalam internet hendaknya digunakan secara bijak sesuai dengan fungsinya. Bagi orang tua yang memiliki anak terutama yang masih sekolah sudah mengenal dunia maya, hendaknya mengawasi tiap apa yang dilakukan putra putrinya terlebih saat membuka atau mengakses internet. Anak-anak harus diarahkan dalam penggunaan internet, bagaimana penggunaan internet yang benar. Orang tua yang memiliki edukasi dan relatif masih merupakan generasi sekarang pasti memikirkan hal ini, karena telah mengalami dan mengetahui permasalahan akibat penyalahgunaan dari internet bagi anak-anaknya.
Pengawasan orang tua terhadap anak-anaknya dalam penggunaan teknologi sangatlah penting agar tidak tejadi penyalahgunaan teknologi, situs jaringan pertemanan seperti facebook, friendster, twitter, dan lai sebagainya. Penggunaan waktu juga penting karena jangan sampai waktu kita terbuang sia-sia hanya karena bermain facebook hingga melupakan waktu belajar dan bekerja kita. Bagi pecinta dunia internet barhati-hatilah dalam mengakses atau mengunduh foto atau video, terlebih makin maraknya video porno. Video porno semacam itu hendaknya jangan diakses apalagi sampai anak-anak tahu, bila perlu diblokir saja agara tidak dapat dibuka. Hal itu dapat berbahaya meracuni siapa saja terutama anak-anak. Perlu pengawasan orang tua pada anak-anaknya yang sudah mengenal dunia internet.





DAFTAR PUSTAKA

• Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi. Cetakan Ke-3. Kencana Prenada Media Group.
• Nugroho, Agoeng. 2010. Teknologi Komunikasi. Cetakan Ke-1. Yogyakarta: Graha Ilmu.
• www.google.com
• www.wikipedia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar